TEMA 4 SUB TEMA 2 PB 3 DAN 4

 Kamis,,7 Oktober 2021

 Kelas : VF

 



Anak sholeh sholeha VF bagaimana kabarnya di hari  Selasa yang penuh  ceria  ini .Semoga ananda semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat  serta senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT  aamiin. .Sebelum belajar awali dengan berdoa menyimak serta merangkum tauziah,sholat dhuha dan morozaah.Hari ini kita akan melaksanaksn kegiatan pembelajaran Tema 4 Sub Tema 2  PB 3 dan 4

silahkan baca dan simak materi sebelum mengerjakan soal latihan.

Tema   4          : Sehat Itu Penting                                                                                                               Subtema 2       : Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran Darah

Tujuan pembelajaran :

1.   Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri pantun.

2.   Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menyebutkan gangguan kesehatan pada jantung dan pembuluh darah manusia.

3.   Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menyebutkan property, tata rias, dan busana dalam tari kreasi daerah.

Pembelajaran 3 dan 4                                                                                                              

MuatanPelajaran :PPKn (KD 3.2, 4.2), Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6), IPS (KD 3. 2, 4.2) 

PPkN ( KD : 3.2, 4.2 )

Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan

Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri, selalu bergantung dengan keberadaan manusia lainnya. Sehingga antarindividu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama. Sebagai makhluk sosial, manusia merupakan anggota masyarakat yang memiliki tanggung jawab kepada anggota masyarakat lainnya untuk melamgsungkan hidupnya di dalam masyarakat. 

Tanggung jawab sebagai masyarakt tersebut harus diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat. berikut jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat: 

1. Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.

Karena terdiri dari berbagai individu, tentu banyak perbedaan di dalamnya. Sebagai anggota masyarakat yang bertanggung jawab, tidak menjadikan perbedaan tersebut menjadi suatu perpecahan. Kita harus tetap memelihara serta menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat. Prinsip-prinsip dasar untuk menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat adalah: Menciptakan lingkungan hidup yang seimbang dan selaras.

2. Saling mengasihi dan membina antarindividu.

Tidak membuat perbedaan menjadi perpecahan, tetapi fokus pada tujuan yang sama Contoh perilaku memelihara rasa persatuan dak kesatuan masyarakat, yaitu: Rukun tetangga harus terus dilakukan Menyelesaikan permasalahan secara musyawarah dan mufakat bersama-sama.

3. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.

 Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Tidak membedakan suku, ras, dan agama dalam bergaul di masyarakat Memelihara ketertiban dan keamanan bermasyarakat Ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat menjadi tanggung jawab setiap individu. Ketertiban dan keamanan di masyarakat daopat dilakukan dengan membuat aturan yang bisa dipahami dan dipatuhi ileh semua anggota masyarakat tersebut. Contohnya, membuat jadwal ronda malam yang dilakukan secara bergilir oleh anggota masyarakat. Jadwal dan aturan jam ronda malam harus menjadi tanggung jawab individu yang kebagian, sehingga harus dilaksanakantujuan dan budaya antarwarga dalam masyarakat sama. Dengan kepentingan yang sama ini, setiap warga sebaiknya memperkuat hubungan antarwarga dengan mengesampingkan perbedaan yang ada. 

4. Sikap solidaritas

Sikap solidaritas tersebut akan membuat setiap warga bisa menerima perbedaan yang ada, karena dapat saling bergaul dan memaklumi perbedaan yang ada. Solidaritas harus terus ditingkatkan di masyarakat, salah satunya dengan mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi. Contoh sikap solidaritas, yaitu saling membantu, peduli satu sama lain, kerja sama, serta berpartisipasi dalam membangun wilayah secara bersama-sama. Kegiatan gotong royong tentu menjadi kegiatan nyata untuk menciptakan solidaritas antarwarga. Bentuk kerja sama tidak hanya dilakukan di pedesaan, melainkan juga daerah perkotaan.

 

IPS ( KD : 3.2 dan 4.2

Interaksi dalam Bidang Pendidikan

4 macam interaksi dalam bidang pendidikan yaitu :

1. interaksi siswa dengan siswa. misalnya Ani dan Joni berdiskusi materi pelajaran yang di sampaikan oleh guru

2. interaksi siswa dengan guru. misalnya guru menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa

3. interak siiswa dengan sumber belajar. wujud interaksi antara siswa dan sum berpelajar dapat bermacam-macam

4. interaksi siswa  denga nlingkungan. misalnya siswa SD mentari melakukan karya wisata kepantai, dan lain-lain

Contoh interaksi dalam bidang pendidikan


upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui  pendidikan, baikpendidikan formal maupun informal.

Melaluipendidikan,makaakantercapaikesejahteraanmasyarakat.

Berikutcontohaktivitasmasyarakatdalamupayapembangunansosialbudaya :

1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

2) Mengikut ipelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, dan membuat karya kerajinan lainnya.

3) Turut serta dalam organisasi masyarakat.

Contoh aktivitas masyarakat  dalam upaya pembangunan sosiial budaya melalui pendidikan.

1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telahdicanangkanolehpemerintah.

2) Mengikutipelatihanketerampilan, sepertimenjahit, membatik, danmembuatkaryakerajinanlainnya.

 

Bahasa Indonesia ( KD : 3.6 dan 4.6 )

Isi (makna) danamanatpantunberdasarkanusia

Berdasarkanusia, pantun  dibedakanmenjadi pantun anak -anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua. 

Contohpantunanakanak :

Pergikewarungmembeli Koran

Sekalianmembelibenang

Ayo bermainkejarkejaran

Badansehathatisenang

Isi (makna) pantun :bermainkejarkejaranmembuatbadansehatdanhatisenang.

Amanatpantun :Anakanaksebaiknyabermain agar hatisenang.

ContohPantun Orang Muda :

 

Mengangkat batu setinggi bahu

Batu diangkat berat rasanya

Jikalah boleh aku tahu

Baju biru siapa namanya ?

Isi (makna) pantun :Keinginan seseorang untuk berkenalan.

Amanatpantun :Saat berkenalan, sebaiknya dilakukan dengan santun

Pantun di atas memiliki ciri-ciri :

1. Bersajak a-b-a-b

2. Satu bait terdiri dari atas empat baris

3. Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata

4. Terdiri atas sampiran dan isi

SeSetelah membaca materi diiatas silahkan beri tanggapan dikolom komentar .Buat foto dokumentasi kirim via WA.Trimakasih.

 SELAMAT BELAJAR

Komentar

  1. Assalamualaikum Bu
    Radika Vigo pratama
    No. Absen 19
    Kelas 5f
    Hadir dan sudah menyimak materi hari ini
    Terimakasih🙏

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum bu
    Syadiva Qhiranie

    Absen:22
    Sudah menyimak materi nya Buu
    Terima kasih



    BalasHapus
  3. Nama : wildan nawa azizan
    Kelas :5f
    Absen :026
    Sudah menyimak materi nya Bu terima kasih

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum bu..
    M.ARKANA ADHYAKSA ABAS
    Kelas 5F
    Hadir
    Terima kasih atas materinya bu..🙏

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Bu guru
    Nama:M. Azka Sauqi Ramadhan R.
    Kelas:5F
    Hadir Bu guru
    Sudah menyimak materi nya Bu guru
    Wassalamu'alaikum wr wb

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum Bu..
    Nama: M. Zulal Arwa
    Kelas: 5F
    No. Absen: 11
    Hadir Bu... 🙏🙏

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum
    Nama NAUFAL AKHTAR SURYARIZA
    No absen 19
    Sudah menyimak materinya Bu 🙏

    BalasHapus
  8. Muhammad Dzaky Rachman
    Kelas 5 F
    Terimakasih materinya Bu guru

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum
    Nama : Keyla Shakira
    Kelas : V F
    Hadir dan sudah menyimak materinya ibuu

    BalasHapus
  10. Assyida nisrina duaulhaq
    Kelas 5F
    Sudah menyimak materinya bu

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum
    Nama Aldo Rasya Mahardika
    No Absen 2
    Tanggapan saya seputar materi diatas adalah materi diatas sangat menarik untuk disimak karena saya dapat memahami dan mengerti tentang materi tanggung jawab, interaksi sosial, pembangunan sosial dan pantun berdasarkan usia.

    Berikut materi yang dpt saya rangkum:
    Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan

    Tanggung jawab sebagai masyarakat tersebut harus diwujudkan dalam kehidupan masyarakat. Berikut jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat:

    1. Memelihara rasa persatuan dan kesatuan

    2. Saling mengasihi dan membina antar individu

    3. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat

    4. Sikap solidaritas

    4 macam interaksi dalam bidang pendidikan yaitu :

    1. interaksi siswa dengan siswa.

    2. interaksi siswa dengan guru.

    3. interaksi siiswa dengan sumber belajar.

    4. Interaksi siswa dengan lingkungan.

    Berikutcontohaktivitas masyarakatdalamupaya pembangunansosial budaya

    1) Mengkuti wajib belajar 9 tahun yang dicanangkan oleh pemerintah.

    2) Mengikuti ipelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, dan membuat karya kerajinan lainnya.

    3)Turut serta dalam organisasi masyarakat.

    Berdasarkan usia pantun dibedakan menjadi pantun anak-anak pantun orang muda dan pantun orang tua.

    Pantun memiliki ciri-ciri:
    1. Bersajak ab ab
    2. Satu bait terdiri dari empat baris
    3. Setiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata
    4. Terdiri atas sampiran dan isi

    Sekian dan terima kasih Bu guru atas materinya.
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum bu....
    Valerina Nuri Maulida
    Kelas 5F
    No.absent 25
    Alhamdulillah sdh menyimak materi yang diberikan bu.....

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum Bu..
    Nama : Rifa Adelia Wardhani L
    Kelas : 5f
    No. Absen : 21
    Hadir Bu, dan sudah menyimak materi pelajaran dari bu guru.

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum buguru....

    Nama:Assyifa rizquita
    Kelas:5f
    No.absen:4
    Tanggapan saya seputar materi di atas adalah......

    Jawab:
    Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan.

    Tanggung jawab sebagai masyarakat tersebut harus diwujudkan dalam kehidupan berikut jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat:

    1.memelihara rasa persatuan dan kesatuan.

    2.saling mengasihi dan membina antar individu.

    3.mengadakanbakti sosial di lingkungan masyarakat.

    4 macam interaksi dalam bidang.

    1.interaksi siswa dengan siswa

    2.interaksi siswa dengan guru

    3.interaksi siswa dengan sumber belajar

    4.interaksi siswa dengan lingkungan.

    Berikut contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya.

    1. mengikuti wajib belajar 9 tahun yang dicanangkan oleh pemerintah.

    2.Turut serta dalam organisasi masyarakat.

    Berdasarkan usia pantun dibedakan menjadi pantun anak-anak pantun orang muda dan pantun orang tua.

    Pantun memiliki ciri ciri:
    1.bersajak(a-b-a-b)
    2.satu bait terdiri dari 4 baris
    3.Setiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata.
    4.Terdiri atas sampiran dan isi.

    Terimakasih buguru..... wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

tema 1 organ gerak hewan dan manusia subtema 2 manusia dan lingkungan