TEMA 4 SUBTEMa 3 PB 3 DAN 4

 

MATERI AJAR KELAS VF UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 28 OKTOBER 2021

 



Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!! 

Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT Aamiin. Sebelum memulai belajar tentang TEMA 4 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3 DAN 4 yaitu tentang SEHAT ITU PENTING, yang mana materi ini masih berkaitan dengan Tema 3 yang sudah kita pelajari minggu kemarin. Marilah terlebih dahulu kita laksanakan ibadah pagi seperti sholat dhuha, murojaah surat-surat pendek, mendengarkan tausiah, dan membaca doa sebelum belajar. Ibu guru tak henti-hentinya mengingatkan agar ananda sekalian melaksanakan sholat wajib tepat pada waktunya.

Pembelajaran 3 dan 4 

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6), IPS (KD 3.2, 4.2), PKn (KD 3.2, 4.2)

 

Tujuan Pembelajaran ;

1.   Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menjelaskan pantun yang disajikan secara lisan dan runtut

2.   Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menjelaskan pengertian gotong royong, unsur-unsur dan manfaaat gotong royong yang merupakan salah satu bentuk tanggung jawab masyarakat.

3.   Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat membandingkan pola aktivitas ekonomi social budaya yang dipengaruh oleh keadaan lingkungan antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya.

4.   Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat membandingkan pola aktivitas ekonomi, social, dan budaya yang dipengaruhi oleh keadaan lingkungan antara masyarakat yang satu dengan yang lain.

 

Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6)

Pantun yang disajikan dalam sebuah prosesipernikahan termasujenis pantun tua. Pantun tuadalah pantun yang berhubungan dengan orang tua.Biasanya, pantun tua berisi tentang adat, budaya,agama, dan nasihat. Karena pantun tersebutdisajikan dalam prosesi pernikahan yang merupakanadat dan budaya suatu daerah, pantun tersebutberjenis pantun tua.

 

IPS (KD 3.2, 4.2)

       

Unsur unsur bergotonroyong:

a.    Usaha kegiatan kerja bersama-sama

b.    Berpartisipas sesuaidengan kemampuanmasingmasing

c.    Ikhlas tanpa pamrih

d.   Kerjasama yang bermanfaat bersama

Interaksi sosial merupakan dasar bagi semua aktivitasmanusia yang berhubungan dengan oranlain. Prosesinteraksi tidak dapat dilepaskan dari kehidupansehari-hari. Proses interaksi ini dapat terjadi apabilaada pertemuan dua orang atau lebih. Selain itu,interaksi terjadi karena adanykepentinganpemenuhan kebutuhan masyarakat di berbagai bidangseperti berikut:

a.    Bidang ekonomi: Interaksi dalam ekonomi dapatkita jumpadi pasar atau tempaperbelanjaan, ditempat terjadinya proses interaksi ekonomi. Semuaproduk jasa juga termasudalam interaksi ekonomi.Secara umum, interaksi ekonomi ditandai dengaadanya hubungaantara duindividu atau antaraindividu dengan lembaga yang menggunakanproses transaksi uang.

b.    Bidang politik, Jenis kepentingan ini digunakanoleh para anggota pemerintahan daanggota partaipolitik untuk menjalankan kekuasaan negara. Didalam kepentingan politik, terdapat jugakepentingan keamanan danpertahanan. Kepentingan ini, secarumum ditandai dengan adanyaproses transaksi politis dan kesepakatan untukmenjalankan negara

c.    Bidang sosial dan budaya; Dalam kepentingan sosial, seseorang selalu ingin mendapatkan tempat atau kedudukan dalam masyarakat. Kepentingan iniakan menimbulkan in teraksdalam masyarakatkarena kedudukan seseorang ditentukan olehpengakuan masyarakat sekitarnya. Jadi, mencarikedudukan tanpa pengakuan masyarakat sangattidak mungkin terjadi. Kepentingan bidang budayaberkaitan dengan pola-pola perilakubahasa,organisasi sosial, religi, dan seni yang telahmenjadi kebiasaan turun-temurun darleluhur.Warga masyarakat yang saling berinteraksi tidakmenutup kemungkinan akaikut berinteraksi puladalam bidang budaya sehingga terjadpengaruh budaya yang satu ke budaya yang lain.

d.   Bidang moral; Kepentingan moral, berarti kepentingan yang berangkat dari keprihatinaakanrendahnya situasi moralitas masyarakat di wilayahtertentu . Contoh kepentingan moral, yaitu siaragama, pelatihan keterampilan masyarakat, danpembinaan masyarakat oleh pemerintah.Tujuannya, agar kesadaran masyarakat di wilayahtersebut timbul untuk maju bersama denganmasyarakat di wilayah lain dalam membangubangsa.

 

Interaksi sosial adalah suatu hubungaantarsesamamanusiayahg saling memengaruhi satu sama lain baikdalam hubungaantaraindividu, antarkelompok,maupun antarindividu dakelompok.Proses interaksisosial apabila terpenuhi dua syarat yatu: kontak sosial(kontalangsung) dan komunikasi

Interaksi antarwarga masyarakat dapat meningkatkanpembangunan di segala bidang. Dalam bidang budaya,masyarakat dapat mengenal budaya daerah yang satudengan budaya daerayang lain sehinggamemperkaya wawasan nusantara dan kebudayaannasional. Dalam bidansosial, dengan interaksimasyarakat dapat memenuhi kodratnya sebagaimakhluk sosial, yaitu dalam kegiatan tertentu, manusia membutuhkan manusia lain untuk memenuhihidupnyaDalam kegiatan ekonomi, masyarakat dapatbekerja sama untuk meningkatkan taraf hidupnysehingga tercapai kesejahteraan sosial

Interaksi antarwarga masyarakat terjadkarenabeberapa faktor seperti berikut.

a.    Perbedaan Kandungan Sumber Daya Alampada Setiap Daerah. Daerah dengakandungansumber daya alam cukup tinggi ,akan dapatmemproduksi barang -barang tertentu denganbiaya relatif murah dibandingkan dengandaerah lain yang memilikkandungan sumberdaya alam lebih rendah

b.    Perbedaan Kondisi Demografis (perbedaan tingkatpertumbuhan dan stuktur kependudukan,perbedaan tingkatpendidikan dan kesehatan,perbedaan kondisi ketenagakerjaan, danperbedaan dalam tingkah laku dan kebiasaan, sertaetos kerja yang dimiliki masyarakat daerahbersangkutan). Daerah dengan kondisi demografisyang baik akacen-derung memiliki produktivitaskerja yang lebih tinggi. Hal tersebut akanmendoronpeningkatan investasi yangselanjutnya akan meningkatkan penyediaanlapangan kerjdan pertumbuhan ekonomi daerahbersangkutan.

c.    Kurang Lancarnya Mobilitas Barang dan Jasa.Apabila mobilitas tersebut kurang lancamakakelebihan produksi suatu daerah tidak dapat dijualkedaerah lain yang membu- tuhkan. Demikian pulahalnya migrasi yang kurang lancar menyebabkankelebihan tenaga kerja suatu daerah tidak dapatdimanfaatkan oleh daerah lain yang sangat membu- tuhkannya. Akibatnya,ketimpangan pembangunanantar wilayah akan cenderung tinggkarenakelebihan suatu daerah tidak dapat dimanfaatkanoleh daerah lain yang membu- tuhkannya sehinggadaerah terbelakansulit mendorong prosespembangunanya.

d.   Konsentrasi Kegiatan Ekonomi Daerah/Wilayah.Pertumbuhan ekonomi daerah akacenderung lebihcepat pada daerah dengan konsentrasi kegiatanekonomi yang cukubesar.

e.    Alokasi Dana Pembangunan Antardaerah/Wilayah.Jika sistem pemerintahan yang dianut adalahotonomi atau federal, maka dana pemerintah akanlebih b anyak dialokasikake daerah sehinggaketimpangan pendapatan akan cenderung rendah.

 

PKn (KD 3.2, 4.2)

Hak dan kewajiban bersifat kodrati, yaknimelekatbersama kelahiran manusiaHak dan kewajibatersebuharus dilaksanakan sec ara bertanggungjawab oleh pihak yang bersangkutan. Orang yangtidak melaksanakan hak dan kewajibannya dapatdikatakan sebagai orang yang tidak bertanggungjawab. Jadi, ketiganymempunyai hubungan yangerat

Bentuk hak warga masyarakat seperti berikut.

a.    Mendapatkan perlindungan hukum.

b.    Mendapatkanpekerjaandanpenghidupan yanglayak

c.    Menikmatlingkunganbersih

d.   Hiduptenang dandamai.

e.    Bebasmemilih,memeluk,danmenjalankan agama.

f.     Berpendapat danberorganisasi.

g.    Mengembangkankebudayaandaerah.

Bentuk kewajiban warga masyarakat seperti berikut.

a.    Mematuhiaturan ataunormayangberlakudalammasyarakat.

b.    Menjagaketenangandanketertibanlingkunganmasyarakat.

c.    Mengikuti kegiatan yang ada di lingkungan RT, RW, atau Desa setempat, misalnya kegiatankerja bakti,

d.   gotongroyong,danmusyawarah wargamasyarakatsetempat.

e.    Menghormati tetanggadilingkungantempattinggal.

f.     Membantutetanggayangterkenamusibah.

g.    Menjagakebersihalingkungantempattinggal.

 

Bagaimana materi yang sudah bu guru jelaskan, kalau masih ada yang belum paham

silakan Ananda tanya lewat WA grup atau berikan komentar dikolom komentar blog ini 

ya nak. 

Tugas Latihan :

. Salah satu upaya menciptakan lingkungan sehat adalah …
A. mengotori tembok dengan tanah
B. membuang sampah ke sungai
C. kerja bakti
D. tidak menggosok gigi
2. Sesuatu yang mutlak menjadi milik kita disebut …
A. kejujuran
B. hak
C. kewajiban
D. tanggung jawab

3. Pantun biasanya terdiri dari … baris
Kata yang tepat melengkapi bagian titik-titik adalah ...
A. enam
B. empat
C. tiga
D. lima
4. Salah satu cara yang tepat untuk menyampaikan nasihat adalah …
A. dongeng
B. bercerita
C. syair
D. pantun

5. Dua baris dalam setiap bait pantun adalah …
A. sampiran
B. penutup
C. isi
D. pembuka

Terimakasih anak Sholeh/Sholeha Bu Guru serta Bunda2 sholeha yang dengan sabar dan setia membimbing sholeh/sholeha bu Guru..tetap semangat dan jaga kesehatan

Wassalamualaikum.wr.wb


Komentar

Postingan populer dari blog ini